PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.804Keywords:
Keputusan Nasabah, Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Motivasi secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Non Muslim di Kota Medan). Variabel independen pada penelitian ini adalah Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Motivasi sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Nasabah Non Muslim Memilih Bank Syariah. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari data primer. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 97 orang masyarakat non muslim yang memilih atau menabung di bank syariah di Kota Medan. Pengambilan sampel ini dilakukan menggunakan teknik non probability sampling secara accidental sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan variabel Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Motivasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Nasabah Non Muslim Memilih Bank Syariah. Hasil uji statistik t menunjukkan variabel Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Motivasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Nasabah Non Muslim Memilih Bank Syariah sedangkan variabel Kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah Non Muslim Memilih Bank Syariah. Hasil uji statistik F menunjukkan Keputusan Nasabah Non Muslim ditentukan oleh variabel Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Motivasi sebesar 57,2% sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.