ANALISIS RISIKO PEMASARAN DAN RISIKO KEUANGAN PADA USAHA MIKRO KULINER DI KOTA MEDAN
Keywords:
Kata Kunci : Risiko Pemasaran, Risiko Keuangan, PenjualanAbstract
ABSTRAK
Riset ini dilatarbelakangi oleh banyaknya usaha besar dan UMKM yang mengalami penurunan penjualan bahkan tidak sedikit yang mengalami kerugian yang besar sehingga berakibat pada tutupnya bisnis tersebut pada masa pendemi Covid 19. Bisnis yang terdampak langsung akiabt dari pandemi Covid 19 ini antara lain yang bergerak pada sekor pariwisata, transportasi, properti, kuliner, entertain dan lain-lain. Pnelititan ini adalah penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menilai, melakukan tindakan perbaikan dan mengontrol manajemen resiko pemasaran pada salah satu usaha mikro kuliner di kota Medan yang bernama “Risol Ummu”. Permasalahan yang dihadapi adalah penuruanan penjualan mencapai sekitar 60% yang diikuti dengan penurunan laba yang terjadi pada bulan Februari 2020, dimana pada kurun waktu tersebut sedang terjadi pandemi Covid 19. Setelah dilakukan identifikasi permasalahan dan penilaian potensi kerugian, maka dilakukan rencana perbaikan sesuai dengan tahapan penyelesaian masalah dalam manajmen resiko. Perbaikan dilakukan dalam hal strategi penjualan dan inovasi produk serta dilakukan penyusunan laporan keuangan sederhana pada bulan April 2020. Rencana ini kemudian dilaksanakan dan dimonitoring dalam pelaksanaannya. Hasilnya mulai bulan Mei 2020 penjualan mengalami peningkatan yang signifikan sampai kembali kepada kondisi normal sebelum bulan Februari 2020.