PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan)

Authors

  • Thomson Saragih Politeknik Negeri Medan
  • Chandra U. Siagian Politeknik Negeri Medan
  • Harris Pinagaran Nasution, S.E., M.M. Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek Acer pada mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 93 responden yang berasal dari Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan program komputer SPSS for windows versi 25. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan Harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R Square sebesar 0,613. Artinya 61,3% harga dan kualitas produk mampu mempengaruhi Keputusan Pembelian. Sedangkan sisanya yaitu 0,387 yang artinya sebesar 38,7% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Downloads

Published

01-10-2021