PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STARBUCKS SUN PLAZA MEDAN
Keywords:
Kata Kunci : Store Atmosphere, Citra Merek, Kepuasan PelangganAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh store atmosphere dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan Starbucks Sun Plaza Medan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Starbucks Sun Plaza Medan yang jumlahnya tidak diketahui atau tidak terhingga. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan store atmosphere serta citra merek berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji koefesien determinasi menunjukkan bahwa sebanyak 73,9% kepuasan pelanggan Starbucks Sun Plaza Medan dipengaruhi
oleh store atmosphere dan citra merek yang diberikan Starbucks dan sebanyak 26,1% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.