PENGARUH CITRA MEREK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Medan)

Authors

  • Erika Br Harianja Politeknik Negeri Medan
  • Roslian Sitompul Politeknik Negeri Medan
  • Mardhiatul Husna Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci : Citra Merek, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami peningkatan di era globalisasi saat ini. Hal ini menyebabkan persaingan di dunia usaha semakin meningkat, satu dari pihak yang bersaing adalah produsen produk alat komunikasi telepon seluler. Seperti diketahui, Apple adalah produk unggulan yang tidak perlu diragukan lagi kualitas dan kredibilitasnya. Penelitian ini dilakukan unuk menganalisis pengaruh citra merek dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian iPhone. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 76 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji regresi untuk variabel Citra Merek (X1), Ekuitas Merek (X2), berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dari hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa citra merek dan ekuitas merek
mempengaruhi keputusan pembelian 52,5% dan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2021-10-01