ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE DAN PRODUCT PLACEMENT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOPIKO DALAM DRAMA KOREA VINCENZO

Authors

  • Diah Permata Millenia Politeknik Negeri Medan
  • Wilda Sansivera Siregar Politeknik Negeri Medan
  • Nursiah Fitri Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci : Brand Awareness, Brand Image, Product Placement, MinatBeli, Kopiko

Abstract

ABSTRAK
Dalam dunia industri yang terus berkembang menuntut perusahaan untuk bersaing dalam mendapatkan minat beli konsumen. Perusahaan perlu melakukan inovasi-inovasi baru yang sesuai dengan trend yang berlaku saat ini untuk menarik perhatian konsumen sehingga terjadi minat beli terhadap suatu produk. Hal yang paling umum digunakan perusahaan dalam memasarkan produk mereka yaitu dengan menggunakan iklan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Product Placement terhadap minat beli permen Kopiko di dalam drama Korea Vincenzo. Metode penelitian menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Populasi adalah mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampel dengan kriteria responden yang pernah menonton drama korea Vincenzo, jumlah sampel yag digunakan adalah 150 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli, brand image dan product placement berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Koefesien determinasi menunjukan bahwa variabel brand awareness, brand image dan product placement mampu menjelaskan sebesar 59,6% sebaran yang terjadi pada variabel minat beli sedangkan sisanya 40,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Downloads

Published

2021-10-01