PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT MENJADI PESERTA EVENT KULIAH WHATSAPP NESTLE BATITA

Authors

  • Winda Ompusunggu Politeknik Negeri Medan
  • Leo Cahyanta Hutapea Politeknik Negeri Medan
  • Agus Edy Rangkuti Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci : Minat, Komunikasi, Pemasaran

Abstract

ABSTRAK
Jumlah peserta dalam sebuah event merupakan salah satu tolak ukur berhasil tidaknya event yang sedang diselenggarakan. Melalui jumlah peserta yang mengikuti event, perusahaan akan mendapat kepercayaan baik dari client maupun dari calon peserta yang akan mengikuti event yang akan diselenggarakan oleh perusahaan. Oleh karena hal tersebut, maka perusahaan harus mampu menarik minat calon peserta untuk mengikuti event yang akan diselenggarakan. Minat untuk mengikuti sebuah kegiatan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni adanya dorongan dari dalam diri sendiri, faktor sosial dan lingkungan, dan adanya rekomendasi dari orang lain. Minat tersebut juga tercipta oleh karena adanya keuntungan yang akan diperoleh oleh calon peserta, sehingga perusahaan harus mampu memperkenalkan, menginformasikan, membujuk, meyakinkan dan mengubah opini calon peserta untuk menjadi peserta dalam event. salah satu hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah komunikasi pemasaran kepada masyarakat sebagai calon peserta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran yaitu dengan periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat terhadap minat masyarakat untuk menjadi peserta. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta yang mengikuti event Kuliah WhatsApp Nestle Batita, sebanyak 120 peserta. Sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus slovin sehingga didapat 54 orang responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada ibu-ibu yang pernah mengikuti event Kuliah WhatsApp Nestle Batita yang diselenggarakan oleh CV Matakail Communication.

Downloads

Published

2021-10-01