PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN SUNGAI SEI TANJUNG PADA JALAN TOL RUAS INDRAPURA – KISARAN

Authors

  • Husnul Hafizah Politeknik Negeri Medan
  • Abdul Ziray Politeknik Negeri Medan
  • Ahmad Sumantri Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci : Perencanaan, Balok I Girder, Penulangan

Abstract

ABSTRAK
Jembatan yang menghubungkan antara jalan tol Indrapura – Kisaran yang telah dibangun ini merupakan jenis jembatan konstruksi beton prategang dengan panjang jembatan 115 meter yang terdiri dari tiga bentang dengan panjang masing-masing 25 meter, 45 meter dan 45 meter. Jembatan ditumpu oleh balok PC-I girder sebanyak 6 buah. Perencanaan struktur beton prategang dilakukan menurut RSNI T-12-2004. Pembebanan pada jembatan menggunakan SNI 1725:2016 dan gempa menggunakan SNI 2833:2016. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan kunjungan langsung ke pihak pelaksana proyek. Data diolah dengan cara perhitungan manual dengan bantuan aplikasi lembar kerja spreadsheet. Hasil dari perhitungan perencanaan jembatan: Pelat lantai menggunakan tulangan lentur positif D16-150 mm dengan tulangan bagi D13 - 200 mm dan tulangan lentur negatif D16-120 dengan tulangan bagi D13-150. Pelat lantai aman terhadap lendutan dan geser pons. Jumah tendon balok girder yang digunakan ada 5 dan jumlah strands ada 85. Perletakan (elastomer) jembatan menggunakan mutu pelat baja Fy 260 Mpa, panjang 500 mm, lebar 600 mm, tebal elastomer 64 mm, tebal cover 7,5 mm, tebal lapisan internal 11 mm dan jumlah lapisan baja 4 buah. Untuk struktur bawah, abutment dan pilar aman terhadap guling dan geser arah memanjang maupun arah melintang.

Downloads

Published

2021-10-01