PERENCANAAN PONDASI TIANG BOR (BORE PILE) SEBAGAI ALTERNATIF PONDASI PADA PEKERJAAN PENGGANTIAN JEMBATAN SIMAMORA RUAS PAMEU – SIMPANG UNING KABUPATEN ACEH TENGAH

Authors

  • Muhammad Ilham Fauzhan Politeknik Negeri Medan
  • Feri Irpanta Ginting Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Mabrur Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci : Pondasi Jembatan, Tiang Bor, Daya Dukung

Abstract

ABSTRAK
Pondasi jembatan merupakan suatu konstruksi pada bagian dasar bangunan yang berfungsi meneruskan beban dari bagian atas struktur bangunan ke lapisan tanah yang berada di bagian bawahnya tanpa mengakibatkan keruntuhan geser tanah dan penurunan yang berlebihan. Pada Proyek Pekerjaan Penggantian Jembatan Simamora Ruas Pameu – Simpang Uning Kabupaten Aceh Tengah, dilakukan perencanaan pondasi tiang bor di titik BH-01 sebagai alternatif pondasi untuk menghindari potensi penurunan pada lapisan tanah lunak. Pondasi tiang bor dilakukan dengan perencanaan kedalaman 14 m dan diameter 0,8 m. Berdasarkan hasil analisa perhitungan yang telah dilakukan menggunakan peraturan pembebanan jembatan (RSNI-T-02-2005) diperoleh nilai kombinasi pembebanan struktur bawah yang terbesar pada kondisi Kuat I yaitu 847,50 ton. Adapun perbandingan nilai kapasitas daya dukung ijin pondasi tiang bor tunggal berdasarkan metode Meyerhoff dengan data NSPT bernilai 392,22 ton, metode α dan U.S Army Corps dengan data Laboratorium bernilai 482,50 ton.
Dari hasil tersebut dilakukan perencanaan pondasi tiang kelompok menggunakan nilai daya dukung ijin pondasi tiang tunggal terkecil dengan susunan sebanyak 3 tiang (n) pada 1 deretan baris (m) sehingga daya dukung kelompok tiang diperoleh 1047,22 ton, dengan nilai penurunan pondasi tiang tunggal dan kelompok yang diperoleh adalah sama yaitu 63,45 mm.

Downloads

Published

2021-10-01