PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH STOCKBIT DI KOTA MEDAN

Authors

  • Mila Delvana Tarigan Politeknik Negeri Medan
  • Sarah Rouli Tambunan Politeknik Negeri Medan
  • Nadya Tasya Rawi Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1897

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Perusahaan sekuritas yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia memfasilitasi nasabah dengan aplikasi sekuritas, salah satunya adalah Aplikasi Stockbit. Aplikasi Stockbit menonjol dengan layanan customer service yang responsif. Dominasi pengguna Stockbit berasal dari Gen Z, menunjukkan popularitas aplikasi di kalangan muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Stockbit di Kota Medan yang berusia 17-27 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang diambil menggunakan Teknik nonprobability sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh 57,8% kepuasan nasabah Stockbit Sekuritas dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan 42,2% kepuasan nasabah Stockbit Sekuritas dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Stockbit Sekuritas di Kota Medan.

Downloads

Published

05-01-2025