ANALISIS PERHITUNGAN PCI GIRDER H-170 CM PADA PROYEK JALAN TOL TEBING TINGGI – PARAPAT RUAS SERBELAWAN – SIANTAR (STA 48+951)
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1876Keywords:
PC I Girder H – 170 cm, SNI 1725 : 2016, LendutanAbstract
Jembatan Bah Kapul, bagian dari jalan tol Tebing Tinggi – Parapat pada STA 48+951, melintasi sungai di Desa Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, dengan panjang 107,40 meter dan lebar 25,76 meter. Jembatan ini memiliki 3 bentang yang didukung oleh 2 abutment dan 2 pier, dengan jarak 25,80 m antara Abutment 1 dan Pier 1, serta 40,80 m antara Pier 1 dan Pier 2, dan Pier 2 ke Abutment 2. Struktur utamanya menggunakan PC I Girder beton prategang, dengan bentang 40,80 m memakai PC I Girder H – 170 cm, f’c 60 MPa, dan jarak antar girder 140 cm. Analisis pembebanan dilakukan berdasarkan SNI 1725:2016, Panduan Bidang Jalan dan Jembatan No. 02/M/BM/2021, serta RSNI-T-12-2004. Dibutuhkan 5 tendon dan 92 strand, dengan kehilangan gaya prategang 13,495%. Kapasitas lentur gelagar adalah Mr = 28.715,74 kNm, lebih besar dari persyaratan tulangan minimum 19.077,63 kNm. Kapasitas geser gelagar adalah ϕv.Vn = 1892,78 kN, lebih besar dari Vucr = 1732,95 kN, dengan tulangan geser D13 – 150 mm. Lendutan total berdasarkan daya layan I adalah 0,0415 m, masih di bawah batas L/800 = 0,051 m.