PEMBUATAN POP-UP BOOK BERJUDUL: ”BUKU PINTAR PENJELAJAHAN TEKSTUR SI INDRA PERABA” DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Christin Ulina Angeline Napitupulu Politeknik Negeri Medan
  • Tatin Lamriris Pasaribu
  • Andam Lukcyhasnita

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1867

Keywords:

Media Pembelajaran, Indra Peraba, Augmented Reality, Pop-Up Book Digital, Anak Usia Dini

Abstract

Anak-anak mengalami kesulitan menulis awal, termasuk kesulitan menyalin, menebalkan, menjiplak, dan melengkapi huruf, kata, angka, gambar, atau simbol. Mereka juga mengalami kesulitan memahami instruksi; mewarnai dan mengungkapkan masalah yang dihadapi saat menulis. Hal Itu terjadi karena motorik halus belum berkembang dengan baik. Pemahaman tentang indra peraba (sentuhan) penting bagi perkembangan anak – anak karena dapat melatih, pengenalan terhadap lingkungan, perkembangan keterampilan motorik halus, dan melatih stimulasi sensorik anak usia dini. Pop-up book pembelajaran digital dengan menggunakan augmented reality dapat menjadi alat yang sangat menarik untuk digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran, terutama untuk siswa yang hidup di era digital saat ini. Penggunaan augmented reality dapat membantu anak – anak untuk melihat tampilan secara langsung bentuk dari tekstur yang mereka sentuh dari pop-up book tersebut yang berupa animasi 3D. Dalam penelitian ini, menggunakan metode yang didasarkan pada pendekatan design thinking yang memiliki 3 alur dan 5 langkah perancangan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert yang merupakan hasil dari pengujian dengan 3 pengujian, diantaranya: usability testing, alpha testing dan beta testing yang dilakukan oleh para responden. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat memberikan pemahaman tentang indra peraba dengan mengenalkan berbagai jenis tekstur yang dapat melatih perkembangan sensorik dan motorik halus, serta simulasi kreativitas dan imajinasi pada anak usia dini. 

Downloads

Published

05-01-2025