PENGARUH LIVE STREAMING SHOPEE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1854Keywords:
Live Streaming, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming shopee dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific di Kota Medan. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas atau independent yaitu live streaming dan online customer review, dan variabel terikat atau dependent yaitu keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden yang didapat dari rumus Lemeshow dan menyebarkan kuesioner sebagai data primer dengan kriteria responden yaitu wanita usia 19-23 tahun yang menggunakan skincare Skintific, pernah menonton live streaming skincare Skintific di Shopee, dan pernah membeli skincare Skintific di Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis linear berganda dengan melakukan pengujian hipotesis dengan uji t, uji F dan determinan (R2) yang dioah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara simultan antara variabel live streaming dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific di Kota Medan dengan nilai signifikansi uji F 0,000. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua variabel live streaming dan online customer review berpengaruh signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.