PENGARUH FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1844Keywords:
Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Aksesibilitas, Kepuasan PengunjungAbstract
Jakarta International Stadium digunakan untuk pertandingan sepak bola dan berbagai acara besar lainnya seperti konser musik, festival, pameran, dan acara olahraga. Fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas merupakan 3 dari banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung Jakarta International Stadium. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas terhadap kepuasan pengunjung JakartaInternational Stadium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan studi pustaka. Hasil data akan dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan jumlah responden 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Jakarta International Stadium. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang paling dominan dengan koefisien regresi sebesar 0,272 dan signifikansi 0,011, diikuti variable fasilitas dengan koefisien regresi sebesar 0,166 dan signifikansi 0,020, terakhir adalah variable aksesibilitas yang memiliki pengaruh paling kecil terhadap kepuasan pengunjung dengan koefisien regresi sebesar 0,153 dan signifikansi 0,002. Fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan adjusted r square 43,3% dan sisanya 56,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.