PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST SM ENTERTAINMENT INDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN PENONTON KONSER IDOL K-POP
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1843Keywords:
Brand Image, Brand Awareness, Brand Trust, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand awareness brand trust SM Entertainment Indonesia terhadap keputusan penonton konser idol K-Pop. Brand image menggambarkan bagaimana masyarakat melihat merek, berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Brand awareness menunjukkan seberapa baik konsumen bisa mengenali merek dalam berbagai situasi. Brand trust adalah keyakinan konsumen bahwa hubungan dengan merek sangat penting dan akan memberikan hasil positif. Keputusan pembelian dapat dikatakan keputusan untuk menonton jika berbicara tentang acara musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada penggemar artis SM Entertainment Indonesia yang berusia 17-35 tahun. Data dari 100 responden dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image, brand awareness brand trust secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penonton konser idol K-Pop. Variabel brand trust merupakan variabel yang paling dominan, diikuti variabel brand image dan yang terakhir adalah variabel brand awareness yang memiliki pengaruh paling kecil terhadap keputusan penonton konser idol K-Pop. Brand image, brand awareness brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhafap kepuasan pengunjung dengan adjusted R square 58,8% dan sisanya 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.