PENGARUH KESADARAN HALAL, PROMOSI, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEEFOOD

Authors

  • Qaiyaratul Yusra Politeknik Negeri Medan
  • M.Rikwan Effendi Salam Manik Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Zuhirsyan Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1837

Keywords:

Kesadaran Halal, Promosi, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetui pengaruh kesadaran halal, promosi dan online customer review terhadap keputusan pembelian shopeefood pada Mahasiswa Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen kesadaran halal, promosi dan online customer review dan varibel dependen adalah keputusan pembelian. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebesar 40 orang Mahasiswa Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan yang pernah melakukan pembelian pada shopeefoood. Penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuesioner dinilai melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas, analisis regresi berganda, uji statistic t, uji statistic F yang diolah melalui SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa kesadaran halal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Shopeefood pada Mahasiswa Keuangan dan Perbankan Syariah dengan hasil uji t sebesar 0,563 > 0,05. Variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Shopeefood pada Mahasiswa Keuangan dan Perbankan Syariah dengan hasil uji t sebesar 0,285> 0,05. Variabel online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Shopeefood pada Mahasiswa Keuangan dan Perbankan Syariah dengan hasil uji t sebesar 0,00 < 0,05.

Downloads

Published

05-01-2025