PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM STUDI KASUS MAHASISWA KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1829Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Transportasi OnlineAbstract
Harga dan kualitas pelayanan adalah dua faktor utama yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam industri transportasi online. Harga yang kompetitif menarik pelanggan baru dan mendorong keputusan utuk melakukan pembelian ulang. Sementara itu, kualitas pelayanan seperti kecepatan dan kenyamanan meningkatkan kepuasan pelanggan serta membangun loyalitas jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Maxim di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang variabelnya diukur dengan skala ordinal dengan jenis penelitian deskriptif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t, uji F, dan uji analisis koefisien determinasi (R2), dengan 100 responden dari 10 perguruan tinggi, menggunakan teknik regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan studi pustaka, dan dianalisis menggunakan SPSS versi 23.