PENGARUH TREND FASHION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUSANA MUSLIMAH PADA MAHASISWI MUSLIM KOTA MEDAN

Authors

  • Alfira Husna Husna Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Zuhirsyan Politeknik Negeri Medan
  • Ahmad Kholil Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1826

Keywords:

Keputusan Pembelian, Trend Fashion, Mahasiswi Muslim, Busana Muslimah

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh trend fashion dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian busana muslimah pada Mahasiswi Muslim Kota Medan. Dalam penelitian terdapat variabel independen yaitu trend fashion dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang telah disebarkan kepada Mahasiswi Muslim Kota Medan dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian in menggunakan metode kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan skala likert. Teknik analisis adan mengunakan regresi liner sederhana yang dilengkapi dengan uji statistik t untuk menentukan hubungan variabel trend fashion terhadap variabel keputusan pembelian dengan lingkat signifikansi sebesar 5% (a-0,05) yang diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel trend fashion secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslimah pada Mahasiswi Muslim Kota Medan dengan nilai t hitung 16,642 lebih Desar dari nilai t tabel 1,984 dan nilai signifikansi gaya hidup yaitu 0,000 < 0,05 sehingga semakin tinggi trend fashion maka keputusan pembelian busana muslimah pada Mahasiswi Muslim Kota Medan akan semakin meningkat.

Downloads

Published

05-01-2025