PENGARUH HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM GOFOOD
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1815Keywords:
Halal Awareness, Keputusan Pembelian, GofoodAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh halal awareness terhadap keputusan pembelian pada platform GoFood (studi pada mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan). Vaiabel bebas pada penelitian ini adalah halal awareness. Variabel terikat adalah keputusan pembelian. Sampel sebanyak 124 responden dan menggunakan kuesioner sebagai data primer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Uji simultan (F), uji determinasi, dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5% (α=0,05) yang diolah dengan bantuan perangkat SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awareness berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada platform GoFood studi pada Mahasiswa Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000. Berdasarkan hasil uji t variabel halal awareness memiliki nilai thitung 0,394 lebih kecil dari ttabel 1,980 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sehingga hal ini mengindikasikan bahwa semakin positif (tinggi) halal awareness mahasiswa muslim maka akan semakin positif (tinggi) keputusan pembelian Mahasiswa Muslim Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan. Begitupun sebaliknya semakin negative (rendah) halal awareness mahasiswa muslim maka akan semakin negative (rendah) keputusan pembelian Mahasiswa Muslim Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Medan.