PENGARUH LABELISASI HALAL, KEMASAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK J.CO DONUTS & COFFEE DI KOTA MEDAN

Authors

  • Syahrani Putri Anggraini Politeknik Negeri Medan
  • Muslim Marpaung Politeknik Negeri Medan
  • M. Rikwan Effendi Salam Manik Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1813

Keywords:

Labelisasi Halal, Kemasan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal, kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian produk J.CO Donuts & Coffee Di Kota Medan. Dalam penelitian ini, variabel independen yaitu labelisasi halal, kemasan dan harga sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yaitu Masyarakat Muslim Kota Medan Kecamatan Medan Selayang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data kuesioner dinilai menggunakan skala likert, uji validitas dan uji reabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji simultan (F), uji determinasi dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikansi sebesar 5% (α = 0,05) yang diolah dengan bantuan software SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara parsial antara variabel kemasan dengan tingkat signifikan sebesar 0,036 dan variabel harga dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 terhadap keputusan pembelian produk J.CO Douts & Coffee. Sedangkan variabel labelisasi halal secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk J.CO Douts & Coffee dengan tingkat signifikan sebesar 0,465. Secara simultan variabel labelisasi halal, kemasan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk J.CO Douts & Coffee dengan tingkat signifikan sebesar 0,000.

Downloads

Published

05-01-2025