PENGARUH CONTENT, VALENCE OF OPINION DAN INTENSITAS MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK BSI
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1812Keywords:
Content, Valence of Opinion, Intensitas, Keputusan PenggunaanAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh content, valence of opinion dan intensitas terhadap keputusan penggunaan mahasiswa Politeknik Negeri Medan pada produk Bank Syariah Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas atau independen yaitu content, valence of opinion dan intensitas serta variabel terikat atau dependen yaitu keputusan penggunaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Medan yang menggunakan produk Bank Syariah Indonesia dengan menggunakan kuisioner sebagai data primer dan data sekunder yang berasal dari publikasi Perusahaan. Teknik pengumpulan data kuisioner dinilai menggunakan skala likert, uji validitas dan reabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji simultan (F), uji parsial (uji t) dan uji determinan dengan tingkat signifikan 5% (α = 0,05) yang diolah menggunakan software SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel content berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan tingkat signifikansi 0,000, variabel valence of opinion berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan tingkat signifikansi 0,011 dan variabel intensitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan tingkat signifikansi 0,008.