ANALISIS PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA UMKM FASHION PASAR PETISAH MEDAN SESUAI PERSPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1811Keywords:
Bauran Pemasaran Islam, Sifat Pemasar IslamAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran menurut perspektif Islam pada pelaku UMKM Fashion Pasar Petisah Medan. Sumber data pada penelitian ini adalah data skunder dan primer. Jenis data penelitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data lapangan dengan model Miles dan Huberman dengsektan data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat pemasar dalam mengelola bisnis sesuai perspektif Islam pada pelaku UMKM Fashion Pasar Petisah Medan terdiri atas Shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Pelaku UMKM telah melakukan bauran pemasaran menurut perspektif Islam pada pelaku UMKM Fashion Pasar Petisah Medan terdiri atas produk, harga, tempat dan promosi.