PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GEN Z MUSLIM PENGGUNA SPAYLATER DIKOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1805Keywords:
Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup, Gen Z Muslim, SPayLaterAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, gaya hidup, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap perilaku konsumtif gen Z muslim pengguna SPayLater di Kota Medan. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen atau bebas yaitu gaya hidup serta variabel dependen atau terikat yaitu perilaku konsumtif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang telah disebarkan kepada gen Z muslim pengguna SPayLater di kota Medan dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang dilengkapi dengan uji statistik t untuk menentukan hubungan antara variabel gaya hidup terhadap variabel perilaku konsumtif dengan tingkat signifikansi sebesar 5% (α=0,05) yang diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif gen Z muslim pengguna SPayLater di Kota Medan dengan nilai t hitung 14,034 lebih besar dari nilai t tabel 1,984 dan nilai signifikansi gaya hidup yaitu 0,000 < 0,05 sehingga semakin tinggi gaya hidup maka perilaku konsumtif Gen Z muslim pengguna SPayLater di Kota Medan akan semakin meningkat.