PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN RICHEESE FACTORY DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1788Keywords:
Brand Image, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Peningkatan jumlah konsumen peminat makanan cepat saji yang semakin tinggi dari tahun ke tahun menjadi fenomena dalam penelitian ini, salah satunya adalah makanan cepat saji cetusan dari Richeese Factory. Kepopuleran Richeese Factory berkat menu andalannya yaitu ayam barbeque yang terkenal dengan rasa pedas dan saus keju yang melimpah telah banyak diminati kalangan muda pecinta makanan pedas. Dalam penelitian ini, diduga faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Richeese Factory ialah brand image dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Richeese Factory di Kota Medan. Pemilihan sampel menggunakan metode Non-probability sampling, yaitu teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden yang merupakan pelanggan Richeese Factory di Kota Medan. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 27. Berdasarkan hasil penelitian, brand image (X1) dan harga (X2), secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada pelanggan Richeese Factory di Kota Medan. Hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel brand image dan harga mampu menjelaskan sebesar 48,6% pengaruh yang terjadi pada variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 51,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.