PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK INDOMIE
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1787Keywords:
Variasi Produk, Kepercayaan Merek, Loyalitas Konsumen, IndomieAbstract
Pada tahun 2022, Indonesia menempati peringkat kedua di dunia dalam hal konsumsi mi instan terbanyak, mencapai angka sekitar 14,26 miliar porsi. Dan merek mi instan yang paling banyak dikonsumsi adalah Indomie. Dengan demikian, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi produk dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen produk Indomie pada mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan dengan sampel sebanyak 122 orang yang ditentukan menggunakan probability sampling melalui teknik cluster sampling. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi lapangan dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk dan kepercayaan merek baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian, hasil uji koefisien determinasi menyajikan bahwa variasi produk dan kepercayaan merek memiliki kontribusi terhadap loyalitas konsumen sebesar 15,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dalam penelitian ini bukan variabel dominan.