PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Eli Apriani Politeknik Negeri Medan
  • Khanti Listya POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Eli Safrida POLITEKNIK NEGERI MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v5i1.1775

Keywords:

Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor energi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022 yang dapat diakses melalui website  Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Sehingga diperoleh sebanyak 17 sampel penelitian dari 76 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun, sehingga jumlah data pada penelitian ini sebanyak 85 data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPPS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel corporate social responsibiliy tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

05-01-2025