PENGARUH HALAL AWARENESS DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PEMBELIAN PINK FLASH DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1302Keywords:
Halal Awareness, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini mengenai “Pengaruh Halal Awareness dan Online Customer Review Terhadap Pembelian Pink Flash Melalui TikTok Shop di Kota Medan”. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini yaitu Halal Awareness dan Online Customer Review. Sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan skala likert serta bersumber dari data primer berupa kuesioner dan data sekunder yang berasal dari publikasi perusahaan. Uji asumsi klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda, uji simultan (F), uji determinasi, dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α = 0,05) yang diolah dengan bantuan software SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada variabel online customer review dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 terhadap keputusan pembelian Pink Flash melalui TikTok Shop di Kota Medan. Sedangkan tidak adanya pengaruh signifikan pada variabel halal awareness dengan tingkat signifikansi sebesar 0,354 terhadap keputusan pembelian Pink Flash melalui TikTok Shop di Kota Medan. Secara simultan, variabel halal awareness dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pink Flash melalui TikTok Shop di Kota Medan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.