PENGARUH HALAL AWARENESS DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUKTHE BODY SHOP PADA MAHASISWI MUSLIM POLITEKNIK NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1291Keywords:
Halal Awareness, Green Marketing, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan green marketing terhadap keputusan pembelian The Body Shop. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel independen terdiri dari halal awareness dan green marketing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai data primer dan data sekunder yang berasal dari publikasi perusahaan. Teknik pengumpulan data kuisioner dinilai dengan skala likert, uji validitas dan ujireliabilitas. uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas danuji heterokedastisitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresilinier berganda, ujisimultan (F), uji determinasi dan uji parsial (t) dengan tingkat signifikan sebesar 5 persen (α = 0,05) yang diolah dengan bantuan software SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara parsial antara variabel halal awareness dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001, variabel harga dengan tingkat signifikansi sebesar 0,016 dan variabel green marketing dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 terhadap keputusan pembelian The Body Shop pada Mahasiswi Politeknik Negeri Medan. Secara simultan, variabel halal awareness dan green marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian The Body Shop pada Mahasiswi Politeknik Negeri Medan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000.