IMPLEMENTASI BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN SINGGAH KOPI

Authors

  • Rifki Ahmadi Tambunan Politeknik Negeri Medan
  • Yuliana Seminari Sidabutar Politeknik Negeri Medan
  • Vivianti Novita Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1276

Keywords:

Kata Kunci : Kopi, Business Model Canvas, Strategi Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan untuk menganalisa strategi bisnis yang dijalankan melalui pendekatan Business Model Canvas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian, yaitu metode analisis deskriptif melalui matriks EFE, matriks IFE, dan Business Model Canvas (BMC). Hasil analisis strategi pengembangan Singgah Kopi berdasarkan hasil analisis EFE diperoleh faktor peluang dengan nilai tertinggi adalah kualitas kopi baik tidak cacat, sedangkan pada faktor ancaman yang paling tinggi adalah kurangnya branding dan promosi. Berdasarkan matriks IFE diperoleh faktor kekuatan tertinggi adalah membangun inovasi produk kopi baru, sedangkan pada faktor kelemahan tertinggi adalah banyaknya persaingan baru. Berdasarkan analisis internal pada BMC dilakukan pada 5 blok, yaitu: key resources, key activities, value propositions, dan revenue streams, sedangkan analisis eksternal pada BMC dilakukan pada 4 blok, yaitu: key partnership, customer segments, channels, dan customer relationship, setelah mengidentifikasi Business Model Canvas, maka akan dilakukan analisa lingkungan, Porter Five Forces Model, matriks EFE dan matriks IFE, hasil penelitian ini menunjukan bahwa Singgah Kopi sudah baik. Selanjutnya dari identifikasi dengan analisis BMC yang baru terdapat beberapa gambaran strategi model bisnis Canvas yang baru. Salah satu yang paling krusial dan penting dilakukan adalah memaksimalkan marketing online dengan sistem bisnis collaboration.

 

 

Published

16-01-2024