PENGARUH WORD OF MOUTH DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN MIXUE DI KOTA MEDAN

Authors

  • Natalia Anggreni Politeknik Negeri Medan
  • M. Taufan Arfach Lubis Politeknik Negeri Medan
  • Rismawati Situmorang Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1259

Keywords:

Word of Mouth, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Peningkatan jumlah konsumen minuman kekinian yang sangat tinggi pada tahun 2021 hingga sekarang menjadi fenomena dalam penelitian ini, salah satunya minuman Mixue. Kepopuleran Mixue telah dikenal oleh semua masyarakat luas. Minuman yang menyegarkan ini telah banyak diminati mulai dari kalangan muda hingga berusia lanjut. Faktor keputusan pembelian pada Mixue diduga adalah word of mouth dan harga yang memiliki pengaruh dalam melakukan pembelian minuman tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan harga terhadap keputusan pembelian minuman Mixue di kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t, uji F, dan uji analisis koefisien determinasi (R)). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan program olah data SPSS versi 26 dengan jumlah responden 110 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuisioner dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa word of mouth (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian dari uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan harga mampu menjelaskan sebesar 43,8% pengaruh yang terjadi pada variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya 56,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

16-01-2024