ANALISIS STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN KURSUS LOGAN UNTUK MENDUKUNG SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1237Keywords:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini tentang “Analisis Strategi Pemasaran Pada Lembaga Pendidikan Kursus Logan Untuk Mendukung Sumber Daya Manusia Unggul di Kota Medan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan volume penjualan program pelatihan dengan menggunakan pendekatan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Theart) dan Bauran Pemasaran (7P) pada Kursus Logan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yaitu data hasil wawancara, profil dan dokumen dari perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi kemudian diolah menggunakan teknik miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis SWOT pada Lembaga Pendidikan Kursus Logan perlu di prioritaskan dengan strategi SO (Strenght Opportunity) dengan memaksimalkan strategi pada biaya kursus yang terjangkau, lokasi yang strategis, pelayanan unik, SDM tenaga pengajar, jaminan kompetensi, citra yang positif dan kepercayaan dimata masyarakat, dan memiliki aset yang cukup besar dan kemudian hasil dari strategi bauran pemasaran (7P) pada Lembaga Pendidikan Kursus Logan yaitu: Produk Kursus Logan telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat , promosi dilakukan dengan cara Mouth to mouth, periklanan, dan melibatkan alumni-alumni, strategi pemberian harga yang digunakan dengan pemberian potongan harga (discount), lokasi kursus yang strategis, sumber daya manusia yang dimiliki berkompetensi, memiliki gedung dan fasilitas yang menunjang kenyamanan belajar, dan proses dari menghasilkan produk yang baik terlihat dari produk yang dihasilkan berkualitas.