RANCANG BANGUN MONITORING KEBOCORAN PIPA AIR PADA SISTEM IRIGASI BIBIT KELAPA SAWIT BERBASIS IOT

Authors

  • Handoyo Siregar Politeknik Negeri Medan
  • Nur Asiyah Pane Politeknik Negeri Medan
  • Yuvina Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1235

Keywords:

Air, Pipa, Kebocoran, Monitoring, IoT

Abstract

Irigasi otomatis bibit kelapa sawit penting dalam pertanian karena mempermudah penyiraman. Namun, rancangan dengan banyak saluran pipa menyulitkan pengontrolan pipa saat kebocoran. Oleh karena itu, diperlukan perancangan pemeliharaan pipa yang efektif, agar petani dapat mengetahui kondisi pipa apabila mengalami kebocoran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe monitoring kebocoran pipa air pada irigasi bibit kelapa sawit berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakan sensor water flow. Sensor water flow dapat mendeteksi debit air pada pipa irigasi dan mikrokontroler NodeMCU V3 ESP8266 mengendalikan modul perangkat keras dan mengirimkan data ke aplikasi Telegram melalui jaringan WiFi. Data tersebut kemudian diproses dan dianalisis menggunakan program algoritma deteksi kebocoran berdasarkan perubahan debit air untuk mengidentifikasi kebocoran yang terjadi. Perancangan akan menampilkan notifikasi kebocoran dan menampilkan besarnya debit air yang mengalir. Hasil pengujian menunjukkan nilai keberhasilan pembacaan sensor adalah 94.41% dan sistem dapat memberikan notifikasi kebocoran ketika debit air yang mengalir dalam pipa berada di bawah 7,5 liter per menit, serta dapat menampilkan besarnya debit air saat dilakukan pengecekan. Dengan adanya perancangan ini, diharapkan dapat membantu petani memantau kondisi pipa irigasi bibit kelapa sawit yang lebih efisien, sehingga dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh kebocoran pada irigasi tersebut.

Author Biographies

Handoyo Siregar, Politeknik Negeri Medan

Handoyo Siregar lahir di Dolok Martumbur, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada tanggal 24 Desember 2002. Merupakan mahasiswa dari program studi Teknik Elektronika di Politeknik Negeri Medan, dengan fokus utama pada bidang Instrumen dan Kendali. Menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri 116877 di Data Nauli, Sumatera Utara, pada tahun 2014. Kemudian, melanjutkan pendidikan menegah di SMP Negeri 1 Bilah Barat pada tahun 2017, dan menyelesaikan pendidikan wajib di SMA Negeri 1 Rantau Utara, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, pada tahun 2020. Pada Tahun 2020 melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi di Politeknik Negeri Medan hingga mendapat gelar Ahli Madya Teknik Elektronika di Tahun 2023.

Linkedin : [email protected]

Gmail : www.linkedin.com/in/handoyosiregar

 

 

Nur Asiyah Pane, Politeknik Negeri Medan

Nur Asiyah Pane, lahir di BP. Mandoge 15 Juni 2002. Merupakan mahasiswi dari program studi Teknik Elektronika di Politeknik Negeri Medan, dengan fokus utama pada bidang Instrumen dan Kendali. Menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri 010113, Sumatera Utara, pada tahun 2014. Kemudian, melanjutkan pendidikan menegah di SMP Negeri 1 Bandar Pasir Mandoge pada tahun 2017, dan menyelesaikan pendidikan wajib di SMA Negeri 4 Kisaran, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, pada tahun 2020. Pada Tahun 2020 melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi di Politeknik Negeri Medan hingga mendapat gelar Ahli Madya Teknik Elektronika di Tahun 2023.

Linkedin : www.linkedin.com/in/nur-asiyah-pane-451173238

Gmail: [email protected]

Yuvina, Politeknik Negeri Medan

Yuvina, lahir di Asahan 18 Oktober1967 adalah dosen Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Medan juga menekuni bidang Alat Ukur dan Pengukuran. Meyelesaikan menyelesaikan S-1 Teknik Elektro di Universitas Sumatera Utara pada Tahun 1998, menyelesaikan Pendidikan S-2 program studi Teknik Telekomonikasi pada Tahun 2011.

Gmail : [email protected]

Downloads

Published

16-01-2024