Analisis Struktur Atas Pada Jembatan Tanjung Selamat

Authors

  • Baran Manuang Nainggolan Politeknik Negeri Medan
  • Nanda Mukhtazar Politeknik Negeri Medan
  • Rhini Wulan Dary Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1210

Keywords:

Baja, Beban, Dimensi

Abstract

Jembatan Tanjung Selamat merupakan jembatan dengan struktur rangka baja yang diresmikan pada Tahun 2009 dengan standar peraturan perencanaan lama. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan peraturan terbaru yang ada pada Tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh besar beban yang terjadi serta profil rangka baja yang digunakan pada struktur atas jembatan. Penelitian dilakukan dengan tahapan melakukan survei perolehan data, penentuan dimensi awal, perhitungan pembebanan, dan kontrol dimensi rangka baja. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah beban mati stringer sebesar 1,858 kN/m, beban mati cross beam sebesar 2,047 kN/m, beban mati perkerasan sebesar 1,65 kN/m, beban terbagi rata sebesar 10,125 kN/m, beban garis terpusat sebesar 49 kN/m, beban truk sebesar 650 kN, beban temperatur sebesar 25ºC. Stringer yang digunakan adalah IWF 800.300.22.14, cross beam yang digunakan adalah IWF 800.300.26.14, rangka utama yang digunakan adalah IWF 350.350.19.19.

 

Author Biographies

Nanda Mukhtazar, Politeknik Negeri Medan

Nama : Nanda Mukhtazar

NIM : 1905131024

Program Studi : Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan

Rhini Wulan Dary, Politeknik Negeri Medan

Nama : Rhini Wulan Dary, S.T., M.T.

NIDN/NIP : 198701192019032012

Program Studi : Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung

Downloads

Published

16-01-2024