Evaluasi Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang pada Proyek Jalan Tol Binjai - Langsa STA 39+474.326

Authors

  • Mutia Kurnia Ningtiyas Rusli Politeknik Negeri Medan
  • Siti Safa Levina Putri Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Mabrur Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1204

Keywords:

Daya dukung pondasi, Mayerhoff, Hilley

Abstract

Pondasi adalah bagian struktur bawah bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah dan berfungsi untuk meyalurkan beban ke lapisan tanah yang kuat dan stabil. Pondasi jalan tol dirancang untuk menahan beban berat dari kendaraan yang melintas di atasnya, angin kencang, gempa bumi, dan faktor lingkungan lainnya, oleh karena itu pondasi tiang pancang (pile foundation) yang cocok digunakan dalam proyek jalan tol tersebut karena harus mampu memikul beban-beban yang berada diatasnya. Pondasi tiang pancang digunakan untuk menerima dan menyalurkan beban dari struktur atas ketanah penunjang yang terletak pada kedalaman tertentu. Daya dukung pondasi dihitung atau dianalisa menggunakan data Standard Penetration Test (SPT) dengan metode Mayerhoff, data Kalendering Test dengan metode Hilley dan data Pile Driving Analyzer (PDA) Test dengan teknologi terkini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh daya dukung aman tiang tunggal berdasarkan Standard Penetration Test (SPT) pada kedalaman 34 m dengan diameter tiang 60 cm adalah 149,617 ton, berdasarkan data kalendering dengan metode Hilley pada kedalaman 34 m dengan diameter tiang 60 cm adalah 138,523 ton dan berdasarkan data uji  Pile Driving Analyzer (PDA) diperoleh hasil daya dukung aman sebesar 160 ton. Desain formasi tiang kelompok aman terdiri dari 52 tiang dapat memikul beban sebesar 3485,153 ton.

 

Downloads

Published

16-01-2024