PENGARUH GAYA HIDUP ISLAMI DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA MUSLIM POLITEKNIK NEGERI MEDAN PADA TIKTOK SHOP
DOI:
https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1199Keywords:
Gaya hidup islami, Kelompok Teman Sebaya, Pembelian ImpulsifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup Islami dan kelompok teman sebaya terhadap pembelian impulsif mahasiswa Muslim Politeknik Negeri Medan pada TikTok Shop. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas atau independen yaitu gaya hidup Islami dan kelompok teman sebaya serta variabel terikat atau dependen yaitu pembelian impulsif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Medan yang beragama Islam dan pernah membeli suatu produk di TikTok Shop dengan menggunakan kuisioner sebagai data primer dan data sekunder yang berasal dari publikasi perusahaan. Teknik pengumpulan data kuisioner dinilai menggunakan skala likert, uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji simultan (F), uji determinasi dan uji parsial (uji t) dengan tingkat signifikan sebesar 5% (α = 0,05) yang diolah menggunakan software SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel variabel gaya hidup Islami beprngaruh signifikan terhadap pembelian impulsif dengan tingkat signifikansi 0,036 dan variabel kelompok teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif dengan tingkat signifikansi 0,000.