EVALUASI KINERJA STRUKTUR KOLOM DAN BALOK RUMAH TOKO DI KOTA MEDAN AKIBAT PERUBAHAN PERATURAN GEMPA SNI 1726:2019

Authors

  • Meisya Alifia Politeknik Negeri Medan
  • Fitria Ningsih Politeknik Negeri Medan
  • Mizanuddin Sitompul

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1196

Keywords:

Respons Spectrum, SNI 1726:2012, SNI 1726:2019

Abstract

Gempa merupakan perilaku alami yang keberadaannya diperhitungkan sebagai beban pada struktur, beban gempa dapat diartikan dengan beban statik ekivalen pada struktur bangunan yang bergerak mengikuti pergerakan tanah. Rumah Toko adalah sebutan bagi bangunan-bangunan di Indonesia yang umumnya dibuat bertingkat antara dua hingga lima lantai, dimana fungsinya lebih dari satu yaitu fungsi hunian dan komersial. Berkaitan dengan keselamatan pengguna bangunan terhadap gempa maka diterbitkan peraturan yang ketat dalam perencanaan, pembangunan maupun pengoperasian suatu bangunan gedung. Masalah yang muncul adalah pada bangunan yang sudah berdiri, karena perencanaan bangunan tersebut belum mencakup hingga evaluasi kinerja struktur gedung akibat pengaruh  beban gempa rencana, karena masih menggunakan peraturan yang lama sehingga diperlukan evaluasi berdasarkan peraturan yang terbaru (SNI 1726:2019). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja struktur rumah toko akibat perubahan peraturan gempa SNI 1726:2019 di Kota Medan. Ruko dimodelkan berdiri pada tiga kondisi tanah yaitu Tanah Keras (SC), Tanah Sedang (SD), dan Tanah Lunak (SE) dan dianalisis menggunakan analisis respon spektrum dengan menggunakan program SAP2000 V22. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai simpangan antar lantai pada semua jenis tanah memenuhi persyaratan sesuai dengan SNI 1726:2019 walaupun nilainya mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas yang diizinkan.

Author Biographies

Meisya Alifia, Politeknik Negeri Medan

Meisya Alifia, A.Md.T., saat ini telah menjadi fresh graduate di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan. Penulis lahir di Medan pada tanggal 14 Mei 2002. Penulis menempuh pendidikan diploma pada Prodi Teknik Sipil di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan dan menyelesaikannya pada tahun 2023. Pada tahun 2021, penulis menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil sebagai anggota Hubungan Masyarakat. Pada tahun 2023, penulis menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil sekretaris himpunan.

Fitria Ningsih, Politeknik Negeri Medan

Fitria Ningsih, A.Md.T., saat ini telah menjadi fresh graduate di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan. Penulis lahir di Medan pada tanggal 9 Januari 2002. Penulis menempuh pendidikan diploma pada Prodi Teknik Sipil di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan dan menyelesaikannya pada tahun 2023.

Mizanuddin Sitompul

Mizanuddin Sitompul, S.T., M.T., saat ini aktif  menjadi dosen di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan. Penulis lahir di Kota Padangsidimpuan pada tanggal 13 Juli 1987. Penulis menempuh pendidikan sarjana pada bidang struktur di Jurusan Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara dan menyelesaikannya pada tahun 2010. Pada tahun 2015, di universitas yang sama penulis menyelesaikan program Magister Teknik Sipil bidang keahlian struktur. Karir sebagai dosen dimulai sejak tahun 2011 di Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pada tahun 2019 penulis mengabdikan diri sebagai dosen ASN di Politeknik Negeri Medan. Penulis menekuni bidang rekayasa struktur dan kegempaan. Saat ini penulis juga menekuni bidang perencanaan jembatan. Selain mengajar, penulis juga aktif sebagai tenaga ahli.

Downloads

Published

16-01-2024