STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA FAKULTAS TUAK MELALUI OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PADA INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA INSTAGRAM @FAKULTASTUAK)

Authors

  • Elsa Mentari Sijabat Elsa Politeknik Negeri Medan
  • Maharani Ritonga Politeknik Negeri Medan
  • Bernadetta Anita Jerry Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/konsep.v4i1.1181

Keywords:

Strategi Pemasaran, Digital Marketing, AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

Abstract

Sosial media yang semakin marak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat merupakan pangsa pasar yang tepat untuk pebisnis, hal inilah yang turut dilakukan oleh Fakultas Tuak untuk menjangkau pasar yang lebih luas menggunakan pemasaran digital melalui sosial media, penggunaan pemasaran digital agar lebih maksimal tentunya memerlukan strategi dan komunikasi pemasaran yang tepat agar menarik perhatian dan minat penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital pada instagram @Fakultastuak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah Instagram @Fakultastuak, subjek dari penelitian ini yaitu pemilik Fakultas Tuak dan lima orang pelanggan Fakultas Tuak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi AIDA pada instagram @Fakultastuak merupakan sebuah strategi yang tepat terutama Fakultas Tuak yang milenial dengan tidak menghilangkan ke originalan produk dan selalu konsisten update konten yang menarik, bermanfaat, dan menghibur sehingga semakin luas menjangkau pasar yang dapat dilihat dari kian meningkatnya angka Followers  dan pengunjung Fakultas Tuak.

Downloads

Published

16-01-2024