Penerapan Marketing Digital Pada Usaha Tempe di Kota Binjai Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.51510/komposit.v3i1.2560Keywords:
Digital Marketing, Media Sosial, Desain KemasanAbstract
Di daerah sekitar Kota Binjai, banyak masyarakat mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah seperti usaha pembuatan tempe. Salah satunya usaha pembuatan tempe yang dirintis Pak Wujud sejak tahun 2010. Usaha tempe ini berawal dari usaha keluarga yang dilakukan secara turun temurun dan masih diolah dengan cara tradisional, seperti menggunakan bahan pembuatan tempe dengan bungkus daun pisang. Tempe adalah makanan tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena bergizi tinggi, rasanya enak, mudah diolah, dan bernilai ekonomis. Pembuatan tempe pada usaha Pak Wujud menggunakan bahan utamanya kedelai yang diimport dari luar negeri. Alasan memilih kedelai luar negeri karena kedelai luar negeri tidak mudah busuk atau tidak mudah teroksidasi jika disimpan dalam waktu yang lama. Kedelai untuk pembuatan tempe harus memiliki kualitas yang bagus, agar tempe bisa berbentuk padat dan tidak mudah patah. Pemasaran UMKM bisa dimulai dari media sosial. Pada usaha pembuatan tempe milik Pak Wujud ini terkadang banyak mengalami penurunan pembelian, karena kurangnya pengetahuan terhadap teknologi pemasaran dan kurangnya alat dalam mengelola tempe menjadi bahan olahan makanan lain seperti keripik tempe. Adapun beberapa kendala dalam usaha tempe Pak Wujud yaitu berupa pemasaran yang belum terjangkau oleh masyarakat luas, kemasan yang tidak menarik pembeli, dan belum memberikan inovasi terhadap pengelolaan tempe menjadi keripik tempe. Pada kegiatan ini tim membuat pemasaran digital dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Tokopedia dan Shopee. Tim pengabdian juga membantu Pak Wujud dalam mengelola tempe menjadi keripik tempe. Agar lebih meningkatkan produksi, tim pengabdian juga membuatkan desain kemasan yang lebih menarik agar bisa dapat dikenal oleh masyarakat luas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isni Khairina, Ade Irma Khairani, Hikmah Adwin Adam, Yulia Agustina Dalimunthe, Rumnasari Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.