Penerapan Marketing Digital Pada Usaha Tempe di Kota Binjai Sumatera Utara

Authors

  • Isni Khairina Politeknik Negeri Medan
  • Ade Irma Khairani Politeknik Negeri Medan
  • Hikmah Adwin Adam Politeknik Negeri Medan
  • Yulia Agustina Dalimunthe Politeknik Negeri Medan
  • Rumnasari Siregar Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/komposit.v3i1.2560

Keywords:

Digital Marketing, Media Sosial, Desain Kemasan

Abstract

Di daerah sekitar Kota Binjai, banyak masyarakat mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah seperti usaha pembuatan tempe. Salah satunya usaha pembuatan tempe yang dirintis Pak Wujud sejak tahun 2010. Usaha tempe ini berawal dari usaha keluarga yang dilakukan secara turun temurun dan masih diolah dengan cara tradisional, seperti menggunakan bahan pembuatan tempe dengan bungkus daun pisang. Tempe adalah makanan tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena bergizi tinggi, rasanya enak, mudah diolah, dan bernilai ekonomis. Pembuatan tempe pada usaha Pak Wujud menggunakan bahan utamanya kedelai yang diimport dari luar negeri. Alasan memilih kedelai luar negeri karena kedelai luar negeri tidak mudah busuk atau tidak mudah teroksidasi jika disimpan dalam waktu yang lama. Kedelai untuk pembuatan tempe harus memiliki kualitas yang bagus, agar tempe bisa berbentuk padat dan tidak mudah patah. Pemasaran UMKM bisa dimulai dari media sosial. Pada usaha pembuatan tempe milik Pak Wujud ini terkadang banyak mengalami penurunan pembelian, karena kurangnya pengetahuan terhadap teknologi pemasaran dan kurangnya alat dalam mengelola tempe menjadi bahan olahan makanan lain seperti keripik tempe. Adapun beberapa kendala dalam usaha tempe Pak Wujud yaitu berupa pemasaran yang belum terjangkau oleh masyarakat luas, kemasan yang tidak menarik pembeli, dan belum memberikan inovasi terhadap pengelolaan tempe menjadi keripik tempe. Pada kegiatan ini tim membuat pemasaran digital dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Tokopedia dan Shopee. Tim pengabdian juga membantu Pak Wujud dalam mengelola tempe menjadi keripik tempe. Agar lebih meningkatkan produksi, tim pengabdian juga membuatkan desain kemasan yang lebih menarik agar bisa dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-12

How to Cite

Isni Khairina, Khairani, A. I., Hikmah Adwin Adam, Yulia Agustina Dalimunthe, & Rumnasari Siregar. (2025). Penerapan Marketing Digital Pada Usaha Tempe di Kota Binjai Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 140–149. https://doi.org/10.51510/komposit.v3i1.2560

Issue

Section

Articles