Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Bagi Ibu PKK dan Pemuda di Kenagarian Koto Tuo, Kecamatan Harau

Authors

  • Fastabiqul Khairad Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Novfirman Novfirman Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Riza Syofiani Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Yuliatri Yuliatri Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Giska Oktabriana Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Yefsi Malrianti Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Rio Valery Allen Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.51510/komposit.v1i2.1524

Keywords:

Pengabdian, Digital Marketing, Pemasaran

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan di Kenagarian Koto Tuo Kecamatan Harau. Salah satu tantangan yang dihadapi mitra saat ini adalah keterbatasan pengetahuan dan pemahaman mengenai teknologi termasuk digitalisasi dalam kegiatan pemasaran. Alasan inilah yang mendorong pelaksanaan program pengabdian masyarakat untuk memberikan pendidikan kepada usaha yang dijalankan masyarakat terutama Ibu PKK dan Pemuda di Kanagarian Koto Tuo tentang optimalisasi digital marketing dalam pemasaran produk. Metode kegiatan ini berupa pelatihan, sebelum diberikan pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengisi beberapa pertanyaan terkait pengetahuan awal mengenai digital marketing. Kemudian, diarahkan untuk menggunakan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan untuk menggunakan platform digital dalam strategi pemasaran. Kegiatan pengabdian diawali dengan demonstrasi salah satu produk yang dapat dipasarkan secara digital. Dengan pemberian materi tersebut, diharapkan peserta pelatihan dapat lebih memahami informasi yang disampaikan oleh tim pengabdian. Hasil dari kuesioner yang diisi setelah pelatihan memberikan informasi berharga mengenai kemajuan peserta dalam menjalani pelatihan dan seberapa besar peningkatan keterampilan yang mereka capai. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang telah dilakukan di Kenagarian Koto Tuo melalui Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta setelah dilakukannya pelatihan terkait kegiatan pemanfaatan digital marketing ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Khairad, F., Novfirman, N., Syofiani, R., Yuliatri, Y., Giska Oktabriana, Yefsi Malrianti, & Rio Valery Allen. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Bagi Ibu PKK dan Pemuda di Kenagarian Koto Tuo, Kecamatan Harau. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 33–41. https://doi.org/10.51510/komposit.v1i2.1524