Aplikasi Pemasaran UMKM Sumatera Utara Pada ABDSI Korwil Sumut Kota Medan Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.51510/komposit.v2i1.1494Keywords:
UMKM, Pemasaran, ABDSI, DigitalisasiAbstract
UMKM di Provinsi Sumatera Utara sebagian besar merupakan industri rumah tangga. Pertumbuhan UMKM yang besar ini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah serta ABDSI Korwil Sumut sebagai pendamping UMKM di Provinsi Sumatera Utara dalam menunjang perekonomian daerah dan proses pertumbuhan secara nasional. Selain itu, dengan sangat terbatasnya daya saing produksi dan akses pasar koperasi dan UMKM, keadaan tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan, penguasaan teknologi, jaringan informasi, jaringan pemasaran dan fasilitas yang dimiliki koperasi dan UMKM. Berbagai pendekatan telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui program kerja, namun banyak UMKM yang belum memiliki media informasi pemasaran dan penjualan yang komunikatif dan informatif untuk menjelaskan secara detail produk yang dihasilkan UMKM di Sumut. Berdasarkan hal tersebut, Koordinator Wilayah ABDSI Sumut perlu menerapkan media teknologi berbasis web yang dapat diakses dan dijangkau oleh UMKM di Sumut untuk membantu memasarkan dan mengembangkan usahanya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rina Anugrahwaty, Gunawan Gunawan, Andam Lukcyhasnita, Ajulio Padly Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.