Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Siswa SD AL Falah Desa Karang Berombak, Medan, Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.51510/komposit.v1i2.1450Keywords:
Al falah talks, Jaringan internet, Pojok baca, kemampuan literasiAbstract
Dunia pendidikan telah mengalami perubahan pada saat pandemi dan pasca pandemi Covid-19. Walaupun pandemi sudah mereda, namun perubahan kebiasaan ke arah penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar (PBM) masih dilakukan. Pada saat ini, PBM dilaksanakan secara blended antara luring dan daring. Hal ini membutuhkan suatu jaringan internet yang memadai. Banyak sekolah yang belum mampu menyediakan fasilitas internet dengan memadai, padahal banyak prestasi-prestasi siswa yang sudah dicapai dari sekolah tersebut. Kemampuan siswa harus ditingkatkan melalui penguatan kemampuan literasi mereka. SD AL Falah Karang Berombak sebagai mitra, telah membuat program unggulan Al Falah Talks yaitu berupa program siswa bercerita/membaca buku baik buku berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. Ini dilakukan untuk menambah kemampuan dan wawasan dari siswa-siswa SD Al Falah Karang Berombak. Untuk itu, kegiatan ini harus didukung dengan cara menambah jaringan internet, menambah pojok-pojok baca, menambah koleksi buku-buku, dan mengadakan infocus agar PBM dapat lebih menarik dan interaktif serta mengadakan pelatihan agar mahir menggunakan internet untuk mencari bahan-bahan pembelajaran. Hal ini semua untuk meningkatkan kemampuan/literasi siswa agar bisa berprestasi secara regional dan nasional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Febrin Aulia Batubara, Tuti Adi Tama Nasution, Wiwinta Sutrisno, Rina Anugrahwaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.