Peningkatan Kualitas Layanan Taman Kanak-Kanak Mutiara Bangsa Desa Jambur Pulau Kabupaten Serdang Bedagai

Authors

  • Rhini Wulan Dary Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Ari Subhan Harahap Politeknik Negeri Medan
  • Wirdatun Nafiah Putri Politeknik Negeri Medan
  • Tetra Oktaviani Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51510/komposit.v2i1.1433

Keywords:

kamar mandi, tempat wudhu, kenyamanan

Abstract

Pada daerah Dusun II Desa Jambur Pulau, Serdang Bedagai terdapat Taman Kanak-Kanak Mutiara Bangsa, tempat dimana anak-anak pada usia dini menjalankan aktivitas belajarnya sehari-hari dalam kegiatan yang formal. TK Mutiara Bangsa ini menerima murid setiap tahunnya 54 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat setempat yang ingin menyekolahkan anak pada usia dini pada TK ini, maka pelayanan dari sekolah ini juga butuh ditingkatkan. Terlebih lagi melihat kondisi layanan umum berupa kamar mandi yang belum layak. Sering kali guru maupun siswa apabila ingin buang air besar/kecil harus pergi ke toilet umum atau ke kamar mandi tempat peribadatan. Hal ini yang menjadi kekhawatiran para guru maupun orangtua siswa yang menyekolahkan anaknya pada TK ini. Demi kenyamanan para guru, orang tua dan murid, kamar mandi pada TK ini perlu direnovasi. Dan juga tempat wudhu perlu dibangun di sebelah kamar mandi sebagai sarana pembelajaran bagi murid untuk belajar tata cara berwudhu tanpa perlu mengantri ke kamar mandi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Wulan Dary, R., Muhammad Ari Subhan Harahap, Wirdatun Nafiah Putri, & Tetra Oktaviani. (2024). Peningkatan Kualitas Layanan Taman Kanak-Kanak Mutiara Bangsa Desa Jambur Pulau Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.51510/komposit.v2i1.1433

Issue

Section

Articles