Minat Membeli Konsumen Muslim Dilihat Dari Faktor Kesadaran Halal, Kualitas Pelayanan dan Promosi Produk
DOI:
https://doi.org/10.51510/bilal.v2i2.698Keywords:
Kesadaran Halal, Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat KonsumenAbstract
Abstract
This study aims to determine the effect of halal awareness, service quality and promotion individually (partial) and jointly (simultaneously) have a significant effect on consumer buying interest. The type of quantitative data, the data sources used are primary data and secondary data. Sources of primary data obtained through questionnaires to 150 consumers Risol Ummu Setia Budi Medan store obtained by non-probability sampling technique. The method used is a survey method. The data collection technique used a questionnaire that was assessed with a Likert scale and validity and reliability tests. Prerequisite tests include Normality Test, Multicollinearity Test and Heteroscedasticity Test. Data analysis techniques to answer the hypothesis using multiple linear regression analysis. The results obtained show that partially halal awareness and promotion do not significantly influence consumer buying interest. Service quality partially has a positive effect on consumer buying interest. The variables of halal awareness, service quality and promotion simultaneously have a very strong and significant effect on consumer buying interest with an effect of 52%, while the remaining 48% is influenced by other variables outside of this study.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, kualitas pelayanan dan promosi secara individu (partial) maupun secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Jenis data kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 150 konsumen toko Risol Ummu Setia Budi Medan yang diperoleh dengan teknik nonprobability sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert dan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heterokedastisitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara partial kesadaran halal dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas pelayanan secara partial berpengaruh postif terhadap minat beli konsumen. Variabel Kesadaran halal, kualitas pelayanan dan promosisecara simultan berpengaruh sangat kuat dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan pengaruh sebesar 52%, Sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
References
Angipora, Marius P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir, 2010. Pemasaran Bank, Edisi Revisi, cetakan ke-4. Jakarta : Kencana
Muhammad, 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam : Pendekatan Kuantitatif (Dilengkapi dengan Contoh-contoh Aplikasi: Proposal Penelitian dan Laporannya). Depok: Rajawali Press
Ramadhayanti, Ana. 2019. Aplikasi SPSS Untuk Penelitian dan Riset Pasar. Jakarta : PT Elex Media Kompitundo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Chairunnisyah, K., AK, M. F., & Wathan, H. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi …. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/220