ANALISIS KEPUASAN DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Authors

  • Hartono Ginting Politeknik Negeri Medan
  • SASTRA KARO-KARO Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kualitas Layanan, Jurusan Akuntansi, Dosen dan Mahasiswa, IPA

Abstract

Jurusan Akuntansi adalah suatu sektor jasa harus dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang prima terhadap stakeholdernya yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pegawai, perusahaan, pemerintah, alumni dll. Kualitas pelayanan dari jurusan Akuntansi yang dianalisa adalah yang  berhubungan dengan kuliatas  proses belajar mengajar (PBM) seperti  Tata kelola, Lab.Komputer dan lab. Bahasa, Perputakaan, Suasana akademik dan Tenaga kependidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan skala Likert dan  menggunakan proporsionate random sample dengan responden 44 dari dosen dan 94 orang mahasiswa. Teknik analisis data  adalah dengan Analisis Tingkat Kepentingan  (Importance Performance Analysis) yang diolah dengan SPSS.  Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana tingkat kepuasan dosen dan mahasiswa  terhadap kualitas pelayanan dari Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan dan Atribut kualitas pelayanan dari jurusan Akuntansi yang perlu dipertahankan, diperbaiki dan ditingkatkan. Hasil penelitian ini menurut persepsi dosen maka atribut yang perlu dipertahankan yaitu yang terdapat pada kuadran 2 adalah pada tata kelola: setiap mhs  wajib mengikuti P2MB dan BINTALFILDIS ( Psl 10:3), Denda kompensasi dengan denda biaya 5 kali lipat (Psl 12:6), Mahasiswa harus lulus bersih  setiap semester/sistem DO (psl 22:2), Larangan penggunaan HP selama PBM dan Ujian (Psl 11:11). Pada Sarana Prasarana : Laboratorium bersih dan tertata rapi, Laboratorium sejuk dan nyaman Pada Perpustakaan : Proses peminjaman dan pengembalian mudah. Pada Tenaga Kependidikan Penampilan pegawai rapi dan  Pada Suasana Akademik : Ketepatan dosen waktu kedatangan dan keluar dari kelas, Transparansi penilaian dari UTS/UAS. Sedangkan yang perlu disarankan untuk  diperbaiki dan ditingkatkan adalah yang terdapat pada kuadran 1 yaitu: Pada sarana prasarana:Software yang digunakan sesuai dengan perkembangan zaman (Up to date ), Jumlah  peralatan sesuai dengan jumlah mahasiswa. Pada Perpustakaan : Koleksi buku di perpustakaan sesuai dengan kurikulum jurusan, Pegawai ramah melayani dosen/mahasiswa. Pada tenaga kependidikan: Pegawai terampil menangani urusan administrasi dan Pada suasana akademik : Ketepatan dosen waktu kedatangan dan keluar dari kelas.

References

Arikunto, Suharsimi ( 2012 ),Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke- 21, Rineka Cipta. Yokyakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L. L. Berry, 1990b, “Delivering Service Quality : Balancing Customer Perceptions and Expectations”, New york : Free Press.
Riduan, ( 2012 ), Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Cetakan ke-2, CV Alfabetha. Bandung
Sugiyono ( 2012 ), Metode Penelitian Administrasi, Alfabetha, Bandung
Surakhmad, Wiranto ( 2014 ), Pengantar Penelitian Ilmiah, Tarsito, Bandung
Singgih Santoso (2017), Latihan SPSS Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputido kelompok Gramedia Anggota IKAPI, Jakarta.
Supranto, J, 2008, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Tjiptono, F., & Chandra, G, 2005, Service Quality & Satisfaction, Yogyakarta : ANDI
T. Wijaya, 2011, Manajemen Kualitas Jasa Desain Sevqual, QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian, PT. Indeks. Kembangan, Jakarta
Buku Informasi Tahun 2018 Politeknik Negeri Medan
Peraturan Akademik Politeknik Negeri Medan 2017

Downloads

Published

2020-06-10