PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-MONEY PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MEDAN

  • Rasida Zahara Politeknik Negeri Medan
  • Anriza Witi Nasution Politeknik Negeri Medan
  • Asmalidar Politeknik Negeri Medan
Keywords: Kemudahan, Keamanan, E-Money, Keputusan Mengunakan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Money Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Medan”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Kemudahan dan Keamanan berpengaruh terhadap Keputusan Menggunakan e-money pada Mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemudahan dan Keamanan terhadap Keputusan Menggunakan e-money pada mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Medan yang menggunakan e-money. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah rumus Unknown Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Menggunakan e-money pada mahasiswa Politeknik Negeri Medan, 2) Keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Menggunakan e-money pada mahasiswa Politeknik Negeri Medan, 3) Kemudahan dan Keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Menggunakan e-money pada mahasiswa Politeknik Negeri Medan.

References

Ghozali, Imam. 2020. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23.Cetakan Kedelapan. BP-Undip. Semarang.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Ahmad, dan Pambudi, Bambang Setiyo. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Jurnal Studi Manajemen. Vol. 8, No. 1: 1-11.
Rahmatika, Ula dan Fajar, Muhammad Andryzal. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Model TAM-TPB Dengan Perceived Risk. Jurnal Nominal. Vol. 8, No. 2: 274-284.
Usman, Rachmadi. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran.Yuridika Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Vol. 32 No. 1: 134-166
Santi, Senja Clara. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan yang Dirasakan Terhadap Keputusan Penggunaan Flazz BCA di Kota Surabaya. Artikel Ilmiah. Prodi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.
Amijaya, Gilang Rizky. 2010. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.
Dewi, Farah Eka. 2018. Analisis Pengaruh Faktor Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Produk Pangan. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Genady, Dien Ilham. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Diponegoro Semarang.
Mukhti, Muhammad Sugih. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Uang Elektronik. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Mulyana, Fitra. Yusuf. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online (Studi Pada Toko Online OLX.Co.Id). Skripsi. FakultasEkonomi. UniversitasNegeri Yogyakarta.
Quthbi, Hasan. Zainul. (2016). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Keamanan, dan Privasi Kecukupan Informasi dan Kesenangan Bertransaksi Menggunakan E-Money Pada Bus Trans Jogja. Skripsi.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.
Saputri, Dara. (2017). Pengaruh Kemudahan, Daya Guna, Kenyamanan, Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Pengguna Mobile Banking Pada PT Bank Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang. Skripsi.
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sari, Ika. (2019). Pengaruh Kemudahan, Manfaat Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-money, Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Varibel Intervening (Studi Pada Pengguna e-money Flazz BCA di Bank BCA Syariah Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Semarang.
Vhistika, N. I. 2017. “Pengaruh tingkat pemahaman e-money dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan e-money (studi pada masyarakat pemilik uang elektronik atau e-money di wilayah Tanah Abang)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulansari, Dewi. (2020). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) Pada Mahasiswa di Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Bank Indonesia. 2020. Edukasi Uang Elektronik. https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan-konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/uang-elektronik/Pages/default.aspx Diakses pada 8 mei 2020. Jam 12:30 WIB.
Bank Indonesia. 2020. Jumlah Uang Eektronik. https://www.bi.go.id/id/statistik/sistempembayaran/uangelektronik/contents/jumlah%20uang%20elektronik.aspx Diakses pada 7 mei 2020. Jam 11:30 WIB.
Bank Indonesia. 2020. Penyelenggara Uang Elektronik. https://www.bi.go.id/id/statistik/sistempembayaran/uangelektronik/contents/penyelenggara%20uang%20elektronik.aspx Diakses pada 7 Mei 2020. Jam 11:05 WIB.
Bank Indonesia. 2020. Transaksi. https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-elektronik/contents/transaksi.aspx Diakses pada 7 mei 2020. Jam 11:40 WIB.
Kompasiana. 17 Juni 2014. Uang Elektronik, Kampus dan Mahasiswa “Relawan Stabilitas Sistem Keuangan” https://www.kompasiana.com/wardhanahendra/54f3df397455139f2b6c8201/uang-elektronik-kampus-dan-mahasiswa-relawan-stabilitas-sistem-keuangan Diakses pada 11 mei2020. Jam 11.26 WIB
Sinar Indonesia Baru. 11 Januari 2019. Penggunaan e-Money Terus Bertumbuh di Sumut. https://hariansib.com/Ekonomi/Penggunaan-e-Money-Terus-Bertumbuh-di-Sumut.Diakses pada 15 juni 2020. Jam 15:15WIB.
Viva news. 19 Mei 2020. Meski WFH, Transaksi Non-Tunai Masyarakat Tak Sekencang Sebelum Corona. https://www.vivanews.com/bisnis/ekonomi/49758-meski-wfh-transaksi-non-tunai-masyarakat-tak-sekencang-sebelum-corona?medium=autonext
Diakses pada 14 Juli 2020. Jam 9:20 WIB
Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik (ElectronicMoney)
Published
2021-06-14