PENGARUH BIAYA AGENSI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI KASUS: PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI 2016-2019)

  • Masyuda Tanjung Tanjung Politeknik Negeri Medan
  • Selfi Afriani Gultom Politeknik Negeri Medan
  • Eli Safrida Politeknik Negeri Medan
Keywords: Dividend policy, managerial ownership, institutional ownership

Abstract

Produksi sampah yang terus menerus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia dari tahun 2016-2019. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel dari 12 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan yang dipublikasikan melalui website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.com tahun 2016-2019. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kebijakan dividen. (2) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

References

Andriyanti, dan Mudjiyanti, 2017, Pengaruh biaya agensi dan Leverage Terhadap Praktik Pengungkapan Internet Financial Reporting (IFR), Skripsi dipublikasikan, Universitas Muhammadiyah Malang.
Brigham, Eugene F dan Houston. 2011. Fundamental of FinancialManagement: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Darmadji, Tjiptono dan Fakhruddin, Hendy. 2017, Pasar Modal Di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, Astuti, 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Dhardwakar, 2000. Struktur Kepemilikan dan Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. The Indonesian Journal of Applied Business.
Dyahayu, 2014, Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Utang (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Skripsi dipublikasikan,
Universitas negeri Yogyakarta
Firmanda, Ridho, Raharjo, Kharis, dan Oemar, Abrar. 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Cash Position terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Akuntansi.Universitas Pandanaran Semarang.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Jayanti, Ida Setya Dwi dkk. 2017. Struktur Kepemilikan dan KEBIJAKAN Dividen pada perusahaan manufaktur di Indonesia. The Indonesian Journal of Applied Business, Volume 1, No. 1.
Jensen, M., C., dan W. Meckling, 1976. Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure, Journal of Finance Economic.
Majid, Sonya. 2016. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI 2011-2014). Jurnal Ilmu manajemen. Vol. 21, No. 2. Universitas Negeri Surabaya.
Nurwani, 2019, Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi dipublikasikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Pasaribu, Mirry Yuniyanti, dkk. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2014. Jurnal Administrasi Bisnis.Universitas Brawijaya, Malang.
Patricia, Diana. 2016. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating. Universitas Pandanaran Semarang.
Pujiastuti, Triani. 2008. Agency Cost Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa yang Go Public di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Nomor 2. Volume 12. Hal 183-197.
Purwanta, Wayan, Putu Ayu, I Nyoman Sugiarta. 2016. Pengaruh kebijakan utang pada nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi (studi pada perusahaan manufaktur di BEI). Jurnal Akuntansi. Vol.12, No. 3. Politeknik Negeri Bali.
Triawan. 2012. Penggalian Potensi Pph atas Deviden sebagai Upaya Meningatkan Penerimaan Pajak di KPP Madya Semarang, Skripsi S1. Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Saputra, Septa. 2016. Pengaruh Uang Kas Bebas, Profitabilitas, Likuiditas dan Hutang Usaha Terhadap Kebijakan Deviden pada Saham Sektor Properti. Jurnal Online Insan Akuntan.
Solikin, Ikin, Mimin. W, Sofie D.L. 2013. Pengaruh struktur kepemilikan, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Vol. 3, No.2. 774-790 Universitas Pendidikan Indonesia.
Waskito, Ilham. 2018. Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Institusional Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45 Periode 2014-2016). Skripsi S1. Yayasan Pahlawan Negara Yogyakarta.
Widyati, M. F. (2013). Pengaruh Dewan Direksi, Komisaris Indepeden, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 234–249.
Wijaya, L.R.P, Wibawa, A. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.
Yuniati, Candradewi, dkk. 2016. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Return On Asset. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(5).
Published
2021-06-14