KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI MILENIAL TERHADAP KOSMETIK BERLABEL HALAL

  • Dita Rismananda Politeknik Negeri Medan
  • Marlya Fatira AK Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Zuhirsyan Politeknik Negeri Medan
Keywords: Label Halal, Keputusan Pembelian, Generasi Milenial, Kosmetik halal

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Kasus Mahasiswi Politeknik Negeri Medan). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian Kosmetik Halal sedangkan variabel independen terdiri dari label halal. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang di kuantitatif kan dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada 205 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji parsial (uji statistik t). Hasil penelitian menunjukan label halal berpengaruh poistif yang kuat dan signifikan terhadap keputusan generasi milenial melakukan pembelian produk kosmetik halal. Generasi milenial yang melakukan pembelian produk kosmetik halal adalah mayoritas dengan usia 19-21 tahun sebanyak 46,3%, mayoritas dengan uang saku Rp1.000.000 – Rp2.000.000 per bulan. Dalam berkegiatan sehari hari mahasiswi Politeknik Negeri Medan menggunakan berbagai macam jenis kosmetik, mayoritas mahasiswi menggunakan lipstick atau liptint untuk berkegiatan di kampus dengan persentase 45,9%.

References

Al Qur’an tafsir. 2015. Surah Al Araf Ayat 32, https://tafsirq.com/7-al-araf/ayat-32. Diakses tanggal 6 Mei 2020. Pukul 10.00 WIB.
Alfian, Ian dan Muslim Marpaung. 2017, Analisis Pengaruh Label Halal, Brand, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. At-Tawassuth, Vol. 2, No. 1, 2017: 122-145.
Ananda, A & Wandebori, H. 2016. The impact of drugstore makeup product reviews by beauty vlogger on youtube towards purchase intention undergraduate students in Indonesia International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. Jurnal ICEBESS. Institut Teknologi Bandung.
Firmansyah, Muhammad Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek. Surabaya: Qiara Media.
Kotler, P & Armstrong, G. 2001. Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 8. Jakarta: Erlangga.
____, & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi dua belas. Jakarta: Erlangga.
Kurniati. 2016. Teori Perilaku Konsumen Perspektif Islam Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol VI, No. 1:45-52. Perbankan Syariah STIA Alma Ata Yogyakarta.
Makrufah, Ismi Aziz. 2017. Pengaruh Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Konsumen Di Toko Toserba Laris Kartsura). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Raffita, Helsy Zella. 2016. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 20132016 UIN Raden Intan Lampung). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sandi, Aris Setyawan Prima, dkk. 2011. Persepsi Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Minuman Berenergi. Jurnal Manajemen Bisnis Vol.1 No.2, Edisi Oktober. Universitas Muhammadiyah Malang.
Sangadji, E. M., & Sopiah 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Tri, Novi Haryanti dan Alexander Wirapraja. 2018. Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). Jurnal EKSEKUTIF. Vol. 15, No. 1: 133-146. Institut Informatika Indonesia Surabaya.
Utami, Wahyu Budi. 2013. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli (Survei pada pembeli produk kosmetik wardah di outlet wardah griya muslim an-nisa). Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Utarini, Nova. 2019. Pengaruh Citra Merek, Label Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Kasus Mahasiswi Politeknik Negeri Medan). Skripsi. Politeknik Negeri Medan.
Widyaningrum, Premi Wahyu. 2016. Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Wardah Di Ponogoro). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia.
Zukhrufani, Alfitri dan Muhammad Zakky. 2019. The Effect of Beauty Influencer, Life Style, Brand Image, and Halal Labelization Toward Halal cosmetical Purchasing Decision. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.
Published
2021-06-14