Rancang Bangun Miniatur Palang Kereta Api Otomatis Berbasis Arduino Uno

Authors

  • James Ratur Sembiring Politeknik Negeri Medan
  • Angelia Maharani Purba Politeknik Negeri Medan
  • Muhammad Akhdan Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kecelakaan, Otomatis, Palang

Abstract

Kecelakaan Kereta Api merupakan salah satu peristiwa transportasi. Salah satu masalah yang mengemuka adalah persoalan palang pintu perlintasan kereta. Kecelakaan yang sering terjadi umumnya disebabkan karena kelalaian petugas penjaga palang pintu dan ketidak-tersediaan palang pintu.Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis. Pada proyek tugas ini, komponen yang diigunakan adalah Mikrokontroler sebagai pusat kendali dari alat ini, sensor HC SR-04 sebagai sensor yang akan  mendeteksi  keberadaan  Kereta  Api  yang  akan  melintas,  LED  merah  difungsikan  sebagai  indikator adanya kereta yang akan melintas, LED hijau menandakan tidak ada kereta yang akan melintas, buzzer digunakan sebagai alarm peringatan adanya kereta yang akan melintas setelah sensor mendeteksi keberadaan kereta, LCD sebagai display informasi arah datang kereta api dan peringatan untuk   berhati-hati saat berkendara,  serta servo S90 sebagai actuator yang akan menggerakkan palang kereta api diperlintasan. Pada proyek tugas akhir ini, hasil yang didapat adalah sensor dapat mendeteksi kereta api pada jarak 5-8 cm, ditandai dengan tidak adanya perubahan apaun jika ada benda terdeteksi dibawah atau diatas  range yang disebutkan. Tujuan dengan adanya range tersebut adalah untuk mendapatkan hasil deteksi keberadaan kereta api yang sebenarnya, bukan benda lain, sehinggga error detection lebih minim. Alat ini bisa dikembangkan untuk penggunaan palang kereta api yang sebenarnya dengan mode satu lintasan rel untuk dua arah pada wilayah dalam pengembangan yang belum memungkinkan dibangunnya rel kereta api dua arah dengan dua buah lintasan.

References

Ahmed, S.H , (2013). Automatic Railway Gate and Crossing Control based Sensors & Microcontroller, University of Technology, Baghdad

Joko Slamet Saputro, (2018), Rancang Bangun Palang Pintu Kereta Api Otomatis Berbasis Arduino.

Program StudiTeknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang.

Saputra, H. A. (2008). Rancang Bangun Pengendalian Palang Pintu Kereta Api. Tugas Akhir. Teknik

Elektro, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sitepu, R. (2008). Prototype Pintu Lintasan Kereta Api Otomatis. Jurnal Widya Teknik.

Prio Handoko, (2017), Sistem kendali monolitik perangkat elektronika. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Pembangunan Jaya.

Pangestu, Heryranu., (2015), Implementasi Kendali Palang Pintu Kereta Api Menggunakan Sensor HC-SR04.

Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2022-05-26