IMPLEMENTASI PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS ONLINE ATAS PENERIMAAN PAJAK RESTORAN DI KOTA BINJAI

  • Nouvaldio Bagas Putra politeknik negeri medan
  • Masyuda Tanjung Politeknik Negeri Medan
  • Selfi Afriani Gultom Politeknik Negeri Medan
Keywords: Aplikasi online, peningkatan pendapatan, pajak restoran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: Peranan aplikasi online (Go-food dan Grab Food) dalam meningkatkan pendapatan restoran di Kota Binjai dan pengaruh peningkatan pendapatan restoran terhadap penerimaan pajak restoran di kota Binjai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah restoran di Kota Binjai yang telah bekerjasama dengan Go-food dan Grab Food dan restoran tersebut dikelompokkan menjadi kelompok restoran besar, sedang dan kecil, pengelompokan tersebut berdasarkan data penerimaan pajak restoran dari Kota Binjai. diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah Kota Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan aplikasi online (Go-food dan Grab Food) berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan restoran di Kota Binjai meskipun peningkatannya tidak terlalu banyak. Dengan peningkatan pendapatan restoran ternyata ternyata pengaruhnya hanya dirasakan oleh grup restoran besar dimana pajak restoran grup tersebut ditetapkan sesuai dengan omzet yang mereka peroleh. Semakin besar pendapatan yang mereka terima setelah bekerjasama dengan penyedia aplikasi online maka pajak restoran yang dibayarkan juga akan meningkat, sedangkan untuk kelompok restoran menengah dan kecil jumlah pajak restorannya tetap, meskipun pendapatannya meningkat setelah bekerja sama dengan layanan aplikasi online.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta
Dedik Kurniawan. Pengertian Online, http://www.lintas.me/go/obatkafe.
blogspot.com/pengertian-online-menurut-para-ahli.
Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Hajar, Ibnu. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Hardaningtyas, R. T. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Grab) Di Malang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia.
Hartono, Jogiyanto. (1999) Pengertian Aplikasi ; Penerbit Andi : Yogyakarta.
Indraswari, Arum., & Hendra K. (2018) Analisis Pemanfaatan Aplikasi Go Food Bagi Pendapatan Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang.
Irawan, Handi. 2002.10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Iriani, Tita Y., & Endang R. (2018) Analisis Dampak Layanan Go Food Terhadap Omzet Penjualan Rumah Makan Di Kota Bandung.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Terjemahan : Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1.Erlangga,Jakarta.
Mahmudi. (2005) Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta. UPP AMP YKPN.
Miles, B. Mathew & Michael H. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.


Moleong, Lexy J. (2000) Metodologi Penelitian Kualitatif ,Bandung : Remaja Roskakarya,
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution, M. N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nazir, Moh. (2005) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
O’Brien, J.A., & Marakas. (2010) Management Information Systems. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.
Prakosa, Bambang. (2005) Pajak dan Retribusi Daerah, Yogyakarta, UII Press.
Prapti NSS, & Rahoyo, R. (2019). Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang.
Santoso, Harip. (2010) Aplikasi Web/asp.net + cd. Jakarta : Elex Media
Simarmata, Janner. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta: Penerbit Andi
Soemitro, Rochmat. (1990) DasarDasar Hukum Pajak Dan Pajak Pendapatan. Bandung, Eresco
Soemitro, Rochmat. (2007) Dasar-Dasar Hukum Pajak Dan Pajak Pendapatan. Jakarta, Salemba Empat.
Sinergi Jawa Pos. (2018) Terbantu Go-Food, Omzet UMKM Kuliner Melejit 2 Kali Lipat.
http:// www.majalahfranchise.com/ article/306/ memanfaatkan- gofoodsebagai-layanan-food-delivery
Sugiyono. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Tempo. (2016) Grab Punya GrabFood, Saingi Go-Food
http://www.bisnis.tempo.co/amp/767785/grab-punya-grabfood-saingi-go-food

Umar, Husein. (2003) Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
UU No. 28 Tahun 2009, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
Yahya, Arief. (2016) Bandung Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Kuliner. Diakses melalui : http://www.disparbud.jabarprov.go.id
Yazid. 2008.PemasaranJasa: Konsep dan Implementasi.Yogyakarta. Ekonisia
Published
2021-07-23
Section
Mei 2021