ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN DIGITAL BANKING PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MEDAN

  • Masri Rizky Ramadhan politeknik negeri medan
  • Nurlinda Nurlinda Politeknik Negeri Medan
  • Eninta Karina Br Ginting Politeknik Negeri Medan
Keywords: Pengetahuan, Digital Banking (Perbankan Digital), Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Tingkat Pengetahuan Digital Banking Pada Mahasiswa (Studi Perbandingan Mahasiswa Prodi Akuntansi dan Prodi Perbankan dan Keuangan)”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan tingkat pengetahuan digital banking antara Program Studi Perbankan dan Keuangan dengan Program Studi Akuntansi. Penelitian ini menggunakan 94 mahasiswa sebagai sampel dari 1500 populasi di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan digital banking Program Studi Perbankan dan Keuangan lebih tinggi daripada tingkat pengetahuan digital banking Program Studi Akuntansi.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Barkatullah, Abdul Halim dan Teguh Presetyo, 2005, Bisnis E-Commerce Studi Sistim Keamanan dan Hukum di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
James, K. 2016. The History of Banking: A Comprehensive Reference Source & Guide. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Bank Indonesia. 2015. Statistik Perbankan Indonesia, https://www.bi.go.id/id/statistik/sistem-pembayaran/uang-elektronik/contents/ transaksi.aspx. Diakses pada 13 Mei 2020 16.00.
Daud, A. 2017. Tahun ini, Pemerintah Wajibkan Bayar Non-Tunai di Semua Pintu Tol. http://katadata.co.id/berita/2017/03/14/tahun-ini-pemerintahwajibkan-bayar-non-tunai-semua-pintu-tol. Diakses pada 13 Mei 2020 13.14.
Detik.com, Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 2017. Terbitkan panduan bagi bank untuk Buka cabang digital. http://finance.detik.com/moneter/3400245/ojk-terbitkanpanduan-bank-untukmembuka-kantor-cabangdigital. Diakses 20 Mei 2020 17.23.
Febriana, T. 2014. Studi Penerapan Inovasi Teknologi Informasi Dengan Metode Technology Watch and Competitive Intelligence (TW-CI). Jakarta: Jurnal Binus University. Vol. 5, No.1.
Handida, R. D., & Sholeh, M. 2018. Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIY: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 15, No. 1.
Hidayat, A, dkk. 2006. Grand Desain Upaya Peningkatan Penggunaan Pembayaran Non-Tunai Melalui Pengembangan E-Money, https://www.bi.go.id/id/publikasi/sistem-pembayaran/riset/Documents/5a4a2a969d534111a3c8a439840b80b6WorkingPaper_MicroPayment.pdf. Diakses pada 22 Mei 2020 17.43.

Hidayati, S, dkk. 2006. Operasional e-money Bank Indonesia, https://www.bi.go.id/id/publikasi/sistempembayaran/riset/Pages/Kajian_Teknis_E-Money.aspx. Diakses pada 22 Mei 2020 17.50.
Khamdani, F. 2009. Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Pemakaian Alat Pelindung Diri Pestisida Semprot pada Petani di Desa Angkatan Kidul Pati Tahun 2009. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kholis, N. (2018). Perbankan dalam era baru digital. Bogor: Economicus, Vol. 9, No. 1.
Kompas.com.2017. Transormasi Perbankan Digital. https://ekonomi.kompas.com/read/2017/05/16/120932726/transformasi.perbankan.digital.yang.tidak.sekadar.digital.lipstick. Diakses pada 21 Mei 2020 16.30.
Lestari, P., & Nofriantika, N. 2018. Literasi Uang Elektronik di kalangan
Mahasiswa. Semarang: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Vol. 7 No. 1, 94-109.
Marlina, Asti., & Bimo, Widi Aryo. 2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Bogor: Jurnal Ilmiah Inovator, Edisi Maret, pp. 14-34.
Nisa, A. K. 2018. Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BNI Syariah KC Tanjungkarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Panduan Penyelenggaraan Digital Branch. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Panduan-Penyelenggaraan-Digital-Branch-oleh-Bank-Umum.aspx. Diakses pada 21 Mei 2020 17.00.
Peter, Paul. J., Olson, Jerry.C. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rosyid, M., & Saidiah, H. 2016. Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri Dan Guru. Tangerang: Islaminomics, Vol. 7, No. 2.
Saraswati, N. 2016. Pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Muamalat KCP Magelang (studi kasus pada masyarakat Kota Magelang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Magelang: UIN Walisongo).
Sugiyono. 2010. Pengertian populasi dan sampel menurut para ahli, http://adeletorn.blogspot.com/2018/04/pengertian-populasi-dan-sampel-menurut.html. Diakses pada 21 Mei 2020 20.00.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vebiana, V. 2018. Perbankan Digital, Pengalaman Pelanggan, dan Kinerja Keuangan Bank Syariah. Bandung: Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Vol. 9, No. 747-751.
Published
2021-07-23
Section
Mei 2021